2 Resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto

Aneka-Resep.Com - Tempe mendoan adalah salah satu kuliner menarik yang berasal dari kota Purwokerto Banyumas Jawa Tengah. ke khas-an dan citarasa yang gurih menciptakan Tempe Mendoan Purwokerto familiar dimana-dimana. makna dari Mendoan ialah tempe iris yang dibungkus dengan tepung bumbu menyeluruh dengan irisan daun bawang yang digoreng ke dalam minyak panas hanya sejumlah detik saja. yah, namanya pun mendoan yang berartian mendo-mendo di pangan, itulah kata orang jawa bilang.

2 Resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto

Namun andai ditempat kamu tidak terdapat Tempe Mendoan Purwokerto Asli bisa diganti dengan memakai tempe papan tebal yang diiris tipis-tipis serupa Tempe Mendoan Purwokerto Original. bila kamu berkunjung ke Kota Satria Purwokerto dan kamu melewati wilayah Sawangan yang berada dekat dengan Alun-alun Purwokerto kamu akan di manjakan dengan wewangian wangi sedap khas dari Tempe Mendoan dan Keripik Tempe Purwokerto Banyumas.

Disana kamu dapat melakukan pembelian tempe mendoan mentah sebagai oleh-oleh atau dapat juga langsung menyantap Tempe Mendoan Khas Purwokerto yang ndandak di goreng dalam bahasa jawanya yang berartian fress yang baru berlalu digoreng. sebetulnya di Pusat Oleh-oleh Khas Purwokerto Banyumas yang sedang di Sawangan ini tidak sedikit sekali makanan yang khas laksana Klanting Banyumas, Sale Pisang Sawangan, Keripik Tempe Purwokerto, Getuk Goreng Sokaraja, Dodol/Wajik Banyumas, dan masih tidak sedikit lainnya. namun tidak boleh sampai pernah ngaku ke Kota Purwokerto bila belum pernah menyantap lezatnya Tempe Mendoan Purwokerto Asli yah.

Tempe Mendoan Purwokerto Asli Banyumas guna versi klasiknya melulu digoreng mendo saja, tetapi akhir-akhir ini berlahiran variasi dan kreasi dari Tempe Mendoan Purwokerto. contohnya seperti Tempe Mendoan Unyil, Tempe Mendoan Pedas, Tempe Mendoan Mercon/Jeletot, Mendoan Keju, Tempe Mendoan Daun Jeruk, Mendoan Hijau ataupun Tempe Mendoan Crispy. Tempe Mendoan atau yang familiar dengan Tempe Goreng Tepung ini paling enak bila dimakan saat masih hangat. boleh dinikmati dengan cabai rawit kecil yang didalam bahasa jawanya ialah nyigit atau dapat juga ditemani menyeluruh dengan sambal kecap Tempe Mendoan yang pedas manis.

Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Purwokerto pasti saja sangat gampang dan tidak sulit. nah, sebab kebetulan admin resephariini.com pribumi putri Purwokerto Banyumas, kali ini kami akan menjabarkan tentang 2 kreasi menciptakan Tempe Mendoan Khas Purwokerto simpel yang wajib kamu cicipi dirumah. yang kesatu Resep Mendoan Purwokerto Asli Mendo dan yang Kedua ialah Resep Tempe Mendoan Crispy Khas Purwokerto. semoga dengan adanya 2 kreasi resep tempe mendoan bisa mengobati rasa penasaran atau kangen kamu kepada di antara kuliner banyumas yang melegenda dimana-dimana ini.

oh iya, guna tempe supaya tidak sulit mencarinya dalam resep ini anda pakai tempe papan yang diiris tipis saja, semoga sesuai dilidah dan selera kalian ya.

Bahan-bahan Tempe Mendoan :
  • Tempe 500 gram ( diiris tipis melebar )
  • Tepung terigu protein sedang 250 gram
  • Tepung tapioka 1 sendok
  • Air 400 mili liter
  • Daun bawang 2 batang ( diiris halus )
  • Minyak ( dipakai untuk menggoreng )

Bumbu Halus Tempe Mendoan :
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam/kaldu bubuk 1 1/2 sendok
  • Ketumbar 3/4 sendok teh
  • Kencur 1 centi meter ( kalau kamu tidak suka di skip saja, ini karakteristik nya mendoan purwokerto )

Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Purwokerto :
  1. Langkah mula aduk rata tepung terigu, air dan bumbu halus. kemudian tambahkan daun bawang, aduk kembali sampai rata.
  2. angkat, tiriskan.

Bahan-bahan Tempe Mendoan Crispy :
  • Tempe 250 gram ( iris tipis )
  • Tepung beras 75 gram
  • Tepung kanji 25 gram
  • Kucai 3 batang ( potong 1/2 centi meter )
  • Air 125 mili liter

Bumbu Halus Tempe Mendoan Crispy :
  • Ketumbar 2 sendok teh
  • Bawang putih 1 siung
  • Kencur 1 centi meter
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Tempe Mendoan Crispy :
  1. aduk rata seraya dituangi dengan air tidak banyak demi sedikit. aduk terus sampai adonan rata dan licin. masukkan kucainya, aduk rata.
  2. Selanjutnya panaskan minyak, celupkan tempe satu persatu ke dalam adonan tepung bumbu, goreng sampai berwarna kecoklatan dan crispy. angkat, tiriskan.

Bahan-bahan Sambal Kecap ( Aduk Rata ) :
  • Kecap manis 5 sendok makan
  • Bawang putih 1 siung ( haluskan )
  • Cabai rawit merah 4 buah ( haluskan/potong kecil-kecil)
  • Garam 1/8 sendok teh

Tempe Goreng Tepung, Mendoan atau Tempe Kemul ini bila disaksikan dari proses pembuatannya sangat gampang dan praktis ya. tetapi ada sejumlah Tips Cara Membuat Tempe Mendoan supaya hasilnya enak dan istimewa. Tips yang kesatu ialah gunakan tepung terigu protein rendah atau sedang, tidak boleh sekali-kali memakai tepung protein tinggi nanti hasilnya alot. bikin adonan tidak boleh terlalu kental dan tidak boleh terlalu encer ya, namun sedang-sedang saja supaya tepung dapat menempel ditempe dengan baik ( tidak menggumpal atau terlampau tipis sebab adonan encer ). kemudian pilihlah minyak yang berbobot | berbobot | berkualitas untuk menggorengnya supaya lebih sehat.

Selanjutnya kamu boleh tambahkan 1 sendok santap tepung maizena, tepung tapioka atau tepung beras guna menghasilkan mendoan yang lebih renyah. nah, guna menghasilkan mendoan yang gurih kamu boleh perbanyak daun bawang yang kamu gunakan cocok selera. kemudian tips yang terakhir ialah usahakan pilih atau pakai tempe papan yang tebal supaya mudah ketika dipotong-potong tipis nya. andai ada dan hendak lebih enak laksana Tempe Mendoan Asli Purwokerto pakai tempe mendoan tipis lebaran yang siap pakai.

Sajikan Tempe Mendoan Crispy Khas Purwokerto selagi hangat dengan cabai atau sambal kecap dengan resep di atas guna lauk santap ataupun sebagai camilan senja dengan ditemani teh atau kopi. oke, selamat mengupayakan dan berkreasi sendiri dengan 2 Resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto ini dirumah ya. semoga resep-resep yang kami bagikan dapat berfungsi untuk anda. salam cinta dari admin 🙂                       

Belum ada Komentar untuk "2 Resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel