Cara Membuat Resep Nasi Megono Khas Pekalongan dan Wonosobo

Aneka-Resep.Com - Cara Membuat Resep Nasi Megono Spesial dari Pekalongan dan Wonosobo. Selain familiar dengan keaneka ragaman corak dan keindahan kain batiknya, kota Pekalongan yang terletak di propinsi Jawa Tengah pun mempunya segudang masakan khas yang lumayan lezat, salah satunya ialah Nasi Megono. Tentu buat rekan teman yang bermukim disana sego megono telah tidak asing lagi bukan. Bahkan sejumlah wisatawan lokal pun tidak sedikit yang pun menyukai kelezatan dan keanehan rasa dari resep nasi megono Pekalongan ini. Sebenarnya, tidak melulu di Pekalongan saja Resep Megono ini dikenal. Beberapa wilayah sekitarnya, laksana Purworejo, Temanggung bahkan resep nasi megono Wonosobo juga tidak sedikit yang mencarinya. Tahukan rekan teman bahwa teknik membuat nasi megono ini lumayan mudah lho dan bahan bahan resep megononya pun dengan gampang kita dapat di dekat kita.

Cara Membuat Resep Nasi Megono Khas Pekalongan dan Wonosobo

Buat rekan teman yang bermukim di Pekalongan, Wonosobo dan kota kota sekitarnya, pasti dengan mudah dapat menjumpai Nasi Megono ini. Tidak melulu di restauran atau lokasi tinggal makan, penjaja sego megono pun dengan mudah dijumpai di dekat rumah bila kebetulan kita berangjangsana di wilayah tersebut. Bagi masalah harga, dipastikan masakan asli wilayah Jawa tengah ini tidak akan menghabiskan kantong. Buat orang awam, Resep Nasi Megono Pekalongan ataupun sego megono Wonosobo memang sekilas serupa dengan nasi Gudeg dari Jogya. Bahan bahan dan bumbu yang dipakai untuk menciptakan sego megono memang nyaris sama dengan resep gudeg. Tetapi tetap saja kedua resep masakan Indonesia itu mempunyai karakteristik tersendiri yang membuatnya khas dan ditunggu oleh penggemarnya.

Seperti menciptakan Gudeg dari Jogya, Resep Nasi Megono khas Pekalongan dan Wonosobo ini pun menggunakan buah nangka yang masih muda sebagai bahan utamanya. Pemilihan bahan baku nangka atau dikenal pun dengan sebutan gori mesti benar benar pas agar hasilnya nanti lezat. Gunakanlah nangka yang masih muda yang sering kali belum terbit bijinya untuk menciptakan Resep Megono supaya ketika dicincang nanti gampang dan hasil Sego Megono nya nanti lembut teksturnya. Salah satu bahan rahasia beda yang digunakan ialah daun kecombrang. Memang tanaman ini agak susah ditemukan di luar wilayah Jawa, untuk tersebut kalau memang tidak ada dapat juga dihilangkan.

Seperti pun gudeg, masakan khas Sego Megono dari Jawa Tengah ini seringkali juga ditemani dengan sekian banyak  masakaan ekstra untuk memperkuat cita rasanya, laksana orek tempe, sambel terasi bikin yang bnar benar kegemaran makan pedas, ayam goreng, telur balado, tempo mendoan atau tempe kemul, kerupuk dan yang lainnya. Perbedaan fundamental antara Resep Nasi Megono dengan gudeg ialah parutan bumbu kelapanya yang menciptakan rasanya tambah gurih dan sedap. Untuk lebih jelasnya, silahkan menyaksikan bumbu dan teknik membuat Resep Megono dibawah ini.



Bahan dan Bumbu Resep Nasi Megono Pekalongan dan Wonosobo adalah :

  1. Seperti resep gudeg, resep nasi megono pun memerlukan nangka muda atau dikenal pun dengan gori tidak cukup lebih sejumlah 500 gram saja (yang telah dikupas kulit luarnya).
  2. Batang serai ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 2 pcs saja.
  3. Pete bila suka tidak cukup lebih sejumlah 8 hingga dengan 10 biji saja (mata petai, petai yang telah dikupas dari kulitnya). Kalau memang tidak suka, bahan ini dapat dihilangkan).
  4. Bunga kecombrang tidak cukup lebih sejumlah 2 pcs saja guna memperkuat wewangian khas masakannya.
  5. Parutan buah kelapa yang telah tua tidak cukup lebih sejumlah 350-370 gram. Gunakan kelapa yang benar benar telah tua dan usahakan diparut menggunakan teknik manual dengan tekstur agak memanjang agar terasa ketika di gigit nantinya.
  6. Daun jeruk segar ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 4-5 eksemplar saja.
  7. Batang lengkuas ukuran sedang sepanjang tidak cukup lebih 2 cm saja.
  8. Daun salam tidak cukup lebih sejumlah 4-5 eksemplar saja.
  9. Buah cabai merah besar segar tidak cukup lebih sejumlah 4-6 pcs (tergantung selera).
  10. Buah cabai hijau besar segar tidak cukup lebih sejumlah 3-5 pcs tergantung selera.
  11. Bawang merah lokal ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 11-12 siung saja (untuk bumbu halus).
  12. Ketumbar sejumlah satu sendok kecil (untuk bumbu halus).
  13. Bawang putih ukuran sedang tidak cukup lebih sejumlah 4 pcs saja (untuk bumbu halus).
  14. Buah cabai rawit untuk meningkatkan cita rasa pedasnya tidak cukup lebih sejumlah 10-12 pcs saja. Bisa ditambahkan atau dikurang cocok selera (untuk bumbu halus).
  15. Garam dapur yang beryodium secukupnya atau tidak cukup lebih sejumlah 2 sendok kecil (untuk bumbu halus).
  16. Kemiri yang telah disangrai sebelumnya sejumlah 4 butir (untuk bumbu halus).
  17. Terasi kualitas bagus tidak cukup lebih sejumlah 1-2 sendok kecil. Bia dihilangkan bila tidak suka aromanya (untuk bumbu halus).
  18. Kencur yang telah dikupas bersih tidak cukup lebih sepanjang 2 cm saja (untuk bumbu halus).
  19. Gula merah tidak cukup lebih sejumlah 2 sendok santap saja (untuk bumbu halus).

Cara Membuat Resep Megono Mudah dan Cepat

  1. Langkah kesatu ialah cuci seluruh bahan yang akan dipakai terlebih dahulu agar benar benar bersih.
  2. Ambil nangka muda atau gorinya kemudian potong atau cincang kasar. Tidak butuh sampai halus, secukupnya saja asal tidak terlampau besar hasil potongannya.
  3. Ambil mata petenya lalu bahas dari kulitnya dan potong agak menyerong. Potong kecil aja namun juga tidak boleh terlalu kecil.
  4. Siapkan panci kukusan dan masukkan nangka muda yang telah dicincang diatas. Kukus sampai separuh matang kemudian peras agar kandungan airnya jauh berkurang dan sego megononya tidak terlampau lembek.
  5. Haluskan bahan bumbu halus diatas hingga benar benar halus. Sebaiknya dihaluskan dengan teknik manual menggunakan cobek agar cita rasa khasnya tetap terjaga.
  6. Ambil satu wadah lagi yang agak besar kemudian masukkan kelapa tua yang telah diparut, mata pete, lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruknya. Aduk seluruh bahan hingga rata dan tercampur semua.
  7. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah diatas kemudian aduk aduk lagi sampai seluruh bahan bahan itu tercampur dengan rata.
  8. Masukkan bahan bahan diatas ke dalam panci kukusnya kemudian masak lagi hingga benar benar matang.
  9. Angkat kemudian aduk aduk seluruh bahan hingga tercampur rata. Kalau tidak cukup gurih, dapat ditambahkan garam cocok selera.

Ternyata lumayan mudah bukan teknik membuat Nasi Megono diatas. Tidak butuh seorang berpengalaman masak untuk menciptakan Resep Nasi Megono yang enak dan lezat laksana yang terdapat di wilayah Pekalongan dan Wonosobo. Teman rekan tinggal meningkatkan terik tahu dan tempe, ayam goreng, sambal terasi, telur balado, kerupuk dan bahan pelengkap lainnya untuk meningkatkan cita rasanya. Untuk gagasan memasak Resep Masakan Tradisional yang lain, silahkan mengupayakan Resep Tahu Campur Spesial dan Resep Gudep Spesial Dari Jogya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Resep Nasi Megono Khas Pekalongan dan Wonosobo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel